[Postbar Secret Santa 2013] Review: Melbourne by @WinnaEfendi

Judul Buku: Melbourne: Rewind

Penulis: Winna Efendi

Penerbit: GagasMedia

Cetakan I: 2013

Bahasa: Indonesia

ISBN: 979-780-645-6

Halaman: 328 halaman

Harga: Rp 44.200 (www.bukukita.com)

Rating: 3.5/5

Sinopsis

Pembaca tersayang,

Kehangatan Melbourne membawa siapa pun untuk bahagia. Winna Efendi menceritakan potongan cerita cinta dari Benua Australia, semanis karya-karya sebelumnya: Ai, Refrain, Unforgettable, Remember When, dan Truth or Dare.

Seperti kali ini, Winna menulis tentang masa lalu, jatuh cinta, dan kehilangan.

Max dan Laura dulu pernah saling jatuh cinta, bertemu lagi dalam satu celah waktu. Cerita Max dan Laura pun bergulir di sebuah bar terpencil di daerah West Melbourne. Keduanya bertanya-tanya tentang perasaan satu sama lain. Bermain-main dengan keputusan, kenangan, dan kesempatan. Mempertaruhkan hati di atas harapan yang sebenarnya kurang pasti.

Setiap tempat punya cerita.

Dan bersama surat ini, kami kirimkan cerita dari Melbourne bersama pilihan lagu-lagu kenangan Max dan Laura.

Enjoy the journey,

EDITOR

Review

Novel karya Winna Efendi dengan kover simpel dan manis ini berkisah tentang seorang pria pencinta cahaya bernama Maximillian Prasetya dan seorang wanita bernama Laura Winardi berusia 26 tahun — yang selalu mengingatkannya akan cahaya — yang kembali dalam kenangan masa lalu yang terabai dan tersisa. Mereka akhirnya dipertemukan kembali di Melbourne setelah lima tahun tidak bertemu. Ini mungkin ya yang dinamakan jodoh. Meskipun bertahun-tahun lost contact, tetapi pada akhirnya tetap dipertemukan juga.

Setibanya di Melbourne, dalam perjalanannya menuju rumah, tanpa sengaja Max mendengar suara Laura dari siaran radio yang diputar di taksi yang ditumpanginya. Kebetulan lagu terakhir yang diputar Laura adalah lagu John Mayer berjudul Back to You. Lagu ini merupakan lagu yang didengar oleh mereka berdua di bandara saat Max pergi meninggalkan Melbourne. Lagu ini pula yang membuat Max dan Laura terkenang akan kejadian di mana mereka (terpaksa) berpisah.

A song tells the story of your life; there’s always a personal history attached to it. Itulah yang menarik dari musik — setiap orang memiliki soundtrack kehidupannya sendiri.  Just like how this one particular song reminds me of a person i used to know. (Hal. 19)

Baca lebih lanjut

[Postbar Secret Santa 2013] Review: Pahit Manisnya Persahabatan

Judul Buku: Truth or Dare

Penulis: Winna Efendi & Yoana Dianika

Penerbit: GagasMedia

Cetakan II: 2012

Bahasa: Indonesia

ISBN: 979-780-566-2

Halaman: 304 halaman

Rating: 4/5

Sinopsis

LONG TIME NO SEE

Suaramu seperti embusan udara segar saat terdengar di gagang telepon. Apa kabarmu, teman? Semoga waktu memperlakukanmu dengan baik. Oh ya, tentu saja aku juga kangen padamu. Bahkan sampai detik ini, kau selalu ada di speed dial handphone-ku—dan juga hatiku.

MISS YOU LIKE CRAZY

Banyak yang ingin aku ceritakan padamu saat bertemu nanti. Tentang teriknya matahari, tentang indahnya rembulan, tentang ceritaku yang terjadi di antaranya.

WISH YOU WERE HERE

Tahukah kamu, sampai kau kembali lagi, akan selalu ada dua kursi di teras rumahku? Dan setiap sore, aku duduk di sana, membaca buku dan menunggu. Aku ingin, saat kau datang nanti, akulah orang yang pertama kali kau temui. Yang berlari ke arahmu sambil memekik tenang.

Jadi orang pertama yang akan memberimu pelukan selamat datang….

Review

Novel dengan kover cantik dan sejuk ini merupakan proyek Gagas Duet yang ditulis oleh dua penulis GagasMedia, yaitu Winna Efendi dan Yoana Dianika, yang berkisah tentang pahit manisnya sebuah persahabatan. Novel ini menceritakan dua orang sahabat, yakni Alice Bells dan Catherine Collins yang tinggal di sebuah kota kecil di Waldo County di Maine, bagian Amerika Serikat yang dekat dengan laut bernama Belfast. Keduanya memiliki sifat yang bertolak belakang dan merupakan murid Belfast Area High School. Alice merupakan seorang gadis yang pendiam dan mengidap disleksia — semacam penyakit yang berkaitan dengan disfungsi salah satu area dalam otak –, sedangkan Catherine adalah gadis yang disukai oleh banyak orang dan pemberani.

“Yang nggak bisa kumengerti bukan masalah apakah kau menyukainya atau tidak karena jatuh cinta itu nggak salah. Tapi, sahabat sejati selalu jujur pada satu sama lain, apapun permasalahannya. Sahabat sejati nggak melakukan apa yang kau lakukan. I thought you, of all people, would know that.” (Hal. 102)

Sahabat sejati selalu jujur pada satu sama lain. Sahabat sejati nggak pernah menyimpan rahasia dari sahabatnya, sekecil apapun itu. (Hal. 110)

Dalam sebuah persahabatan adanya kejujuran satu sama lain itu amat penting, terlebih persahabatan antara dua perempuan dan satu laki-laki. Dalam persahabatan pun tidak ada yang luput dari yang namanya perselisihan. Begitu pun persahabatan Alice dan Catherine.

Perselisihan besar mereka dimulai ketika Catherine yang tanpa sengaja memergoki Julian sedang melakukan hal yang tidak semestinya dengan Alice. Perselisihan ini bisa terjadi dikarenakan Alice yang mulanya tidak jujur pada Catherine mengenai perasaannya terhadap Julian. Alice menganggap bahwa Catherine tidak perlu tahu mengenai perasaannya karena ia tidak mau membuat sahabat tercintanya tersebut terluka, padahal anggapannya tersebut adalah salah.

Baca lebih lanjut

[Postbar Riddle SS2013] Siapa Santaku?

celebrate christmas with me-bbi

Engga kerasa sudah pertengahan Desember lagi. Engga kerasa sudah cukup lama pula aku engga meng-update blog ini (>.<). Berbicara mengenai event Secret Santa 2013, ini merupakan kali pertama aku ikut berpartisipasi di event ini. Maklum member baru, hehehe… Sewaktu membaca email tentang event Secret Santa 2013 dari Divisi Keanggotaan dan Event BBI, dalam hati aku pun berucap, “Wah kayanya seru nih. Menarik. Syaratnya pun tidak sulit.” Tanpa pikir panjang aku pun langsung mendaftarkan diri dan membuat wishlist di Goodreads. 😀

Pada event SS 2013 ini alhamdulillaah aku mendapatkan dua buah buku dari Santaku PacelBuku.com (lucu ya namanya), yaitu buku karya Winna Efendi berjudul “Melbourne: Rewind” dan buku karya Winna Efendi dan Yoana Dianika berjudul “Truth or Dare“. Kedua buku ini merupakan buku yang sudah cukup lama aku incar, namun belum sempat aku beli karena setiap ke toko buku selalu tertariknya dengan buku baru penulis-penulis lain atau buku yang secara spontan dan random aku beli saat itu juga. 😀

1387468169109Aku amat berterima kasih pada Santaku — yang berasal dari Jakarta Timur — yang sudah memilih kedua buku ini dari puluhan buku yang ada di wishlist-ku. Sepertinya dia punya indera keenam karena bisa mengetahui buku yang aku incar sejak lama, hahaha… Salah satu bukunya sudah selesai kubaca dan ini pertama kalinya pula aku membaca karya Winna Efendi. Tidak salah aku memasukkan karya-karyanya ke dalam wishlist maupun daftar buku yang mau kubeli karena bukunya memang menarik untuk dibaca.

image

Berbicara mengenai riddle, sampai detik ini, tepatnya pukul 10:58 PM *diperjelas haha*, aku belum bisa menebak siapa sebenarnya Santaku ini. Riddle-nya sedikit membingungkan. Semua pertanyaannya sudah terjawab hanya aku belum bisa memecahkannya. Riddle-nya itu gampang-gampang susah, menurutku. (>.<“)

Sudah ada satu nama, namun aku masih kurang yakin. Semoga saja sebelum waktu untuk menebak Santa tiba, aku sudah bisa memecahkan misteri Siapa Santaku dan mudah-mudahan tebakanku benar. 😀 Once again, thanks for the books, my Santa! ^^

Close Up Interview Anggota BBI – Siro

Ini kali pertama aku ikut berpartisipasi dalam memeriahkan ulang tahun BBI yang kedua. Maklum anggota baru. 😀 Pada Close Up Interview BBI kali ini, aku mendapat kesempatan untuk mewawancarai seorang gadis pencinta buku yang akrab disapa dengan nama Siro (bukan Siro peliharaannya Shinchan loh ya :-D).

TeEn0091Beruntungnya mewawancara Siro tak sulit, dan bisa dibilang sangat cepat. Tak berapa lama setelah aku mengirimkan pertanyaan, Siro pun mengirimkan jawabannya. Antara percaya dan engga sih sebenarnya, hahaha. Karena Siro cepat sekali menjawabnya dan kupikir tidak semua pertanyaanku dijawab olehnya. Namun ternyata seluruh pertanyaanku disantap habis tak tersisa. 🙂 Ok deh, tanpa berlama-lama lagi, berikut hasil interview aku dengan Siro.

1. Q: Nama lengkap kamu siapa? Dan saat ini kegiatannya apa saja?

A: Nama lengkap Siti Robiah A’dawiyah. Kegiatan saat ini sih kuliah semester 6, mengajar privat, baca novel di sela-sela kesibukan, nge-blog kalau lagi ada waktu dan mood (aku moody-an ya, hehe ^_^), kadang nyoba bikin cerita (dan engga pernah selesai :D).

2. Q: Sejak kapan jadi member BBI? Gimana ceritanya/awal mulanya bisa atau kepingin jadi member BBI?

A: Mengajukan jadi member BBI akhir tahun kemarin, 2012. Diterima jadi member awal Januari sekitar tanggal 5 Januari 2013. Awalnya, aku kan penyuka novel roman, terus kadang aku suka salah beli novel yang dikira bakal seru eh malah kurang seru. Setelah aku ubek-ubek google aku nemuin beberapa blog yang ngebahas buku dan review-nya. Dari situ aku dapat rekomendasi novel yang seru. Terus aku lihat beberapa blog mereka itu memasang banner yang sama dengan banner BBI. Terus ngerasa “wah mereka keren bisa gabung di komunitas buku dan bisa berbagi pengalaman tentang buku yang bermanfaat bagi yang suka buku kaya aku.” Aku juga pingin ngebagi pengalaman baca buku aku, biar bisa bermanfaat. Gitu deh, akhirnya gabung juga, hehe.

Baca lebih lanjut