pixlr

Cukup telat memang, tapi lebih baik daripada tidak sama sekali, ‘kan? 😀 Sebelum membagikan review terbaru, saya ingin merekomendasikan sepuluh buku menarik dan menggugah rasa ingin tahu yang saya baca pada tahun 2017. Sama seperti satu-dua tahun ke belakang, tidak banyak buku yang berhasil saya habiskan akibat dilanda reading slump berkepanjangan. Dari dua belas buku, berikut sepuluh buku yang menurut saya menarik, memantik rasa ingin tahu yang berlebih, dan patut dibaca.

  • Keep Your Hand Moving karya Anwar Holid

“Menulis itu ujung-ujungnya ialah soal isi (subjek), cara menyampaikan, ekspresi, dan penerimaan pembaca.” (Hlm. 110)

Buku ini menjelaskan perihal kemampuan menulis yang tentunya akan bermanfaat bagi penulis pemula. Dengan kata lain, membahas penulisan secara umum. Tak hanya itu, dalam buku ini penulis juga mengajarkan sekaligus mengajak pembaca untuk tidak berhenti menulis dan belajar. Buku yang patut dibaca bagi kamu yang meminati tulis-menulis. Karena terbitan lama dan sudah tidak ada di toko buku, waktu itu saya membacanya di iPusnas. Review lebih lengkap bisa dibaca di sini.

  • Purple Eyes karya Prisca Primasari

“Kalau kau tidak suka, jangan memberi harapan. Kau sama saja menyakiti mereka.” (Hlm. 34)

Buku yang tebalnya tidak sampai 150 halaman, tapi bagus banget dan padat. Salah satu bacaan favorit saya di tahun 2017. Selain ceritanya yang seru dan menarik, banyak sekali pengetahuan yang bisa kamu dapat dari buku ini. Purple Eyes membuat saya jatuh hati dengan cara penulis menuturkan ceritanya. Prisca mampu membawa saya seperti melihat adegan tiap adegan secara langsung. Review lebih lengkap bisa dibaca di sini.

  • Imaji Terindah karya Sitta Karina

“Kamu nggak bisa atur perasaan orang. Kamu bersikap baik kepada seseorang dan ia akan mengembalikannya dengan kebaikan yang sama atau malah hal yang menyakitkan. Tapi, apa kamu bisa mencegahnya saat ia membalasmu dengan cinta?” (Hlm. 163)

Imaji Terindah merupakan novela seri keluarga Hanafiah yang terbagi menjadi tiga bagian cerita, yaitu Sakura Emas, Imaji Terindah, dan Air Mata Pedang. Bukan cuma kisah Chris saja yang ada dalam buku ini, tetapi juga kisah khusus tentang Kei Kaminari dan Nara Hanafiah, sepupu Chris. Ketiga kisah tersebut menyuguhkan ending yang menarik, dan setiap kisah memiliki rasa yang berbeda. Cerita dalam buku ini sederhana dan singkat, tapi seru sekali dan membuat saya penasaran dengan cerita keluarga Hanafiah yang lain. Bikin geregetan! Review lebih lengkap bisa dibaca di sini.

  • Fortunately, the Milk karya Neil Gaiman

“Terserah padamu. Mau hidup di jagad yang sudah tidak ada lagi, atau biarkan dunia apa adanya.” (Hlm. 89)

Petualangan-petualangan yang disuguhkan Neil Gaiman dalam buku ini benar-benar ajaib. Aneh, seru, menarik, menggelikan hati, semua bercampur jadi satu. Membaca buku ini membuat saya ingin membaca dan mengoleksi karya Neil Gaiman yang lain. Fortunately, the Milk adalah bacaan anak yang ringan, seru, dan menarik, serta bisa menghibur pembaca seperti saya yang bukan anak-anak. Suka sekali dengan cerita tentang ayah dan anak yang diangkat dalam buku ini. Favorit! Review lebih lengkap bisa dibaca di sini.

  • Sihir Perempuan karya Intan Paramaditha

“Ia terbaring di dalam tanah, menebarkan bau busuk yang mendesak masuk ke rumah. Sebab itu aku membutuhkan wangi bunga. Ia telah mengambil bungaku dan kini bunga yang mengisap hidupnya.” (Cerpen Mak Ipah dan Bunga-Bunga hlm. 74)

Salah satu kumpulan cerpen horor favorit saya. Buku yang membuat saya makin menggemari cerita-cerita bertema horor. Semua ceritanya gelap. Kesadisan tokoh-tokohnya betul-betul mengerikan. Sihir Perempuan bisa menjadi bacaan di saat santai yang mampu mengubah pandanganmu tentang horor, hal-hal mistis, dan mitos. Pun membuatmu mengetahui sisi gelap dari seorang perempuan. Review lebih lengkap bisa dibaca di sini.

  • Trisula Mentari karya Shandy Tan

“Pasti sakit rasanya kalau kita suka seseorang, tapi dia enggak suka sama kita.” (Hlm. 152)

Trisula Mentari mengisahkan tentang seorang siswi bernama Trisula Mentari yang memiliki kemampuan tidak biasa; bisa mendengar suara roh. Adegan-adegan dalam buku ini menegangkan. Ceritanya pun menghibur dan seru. Tema clairaudience yang diangkat menarik dan pastinya menambah wawasan. Review lebih lengkap bisa dibaca di sini.

  • Rumah Kertas karya Carlos María Domínguez

“Jauh lebih sulit membuang buku ketimbang memperolehnya. Dengan mereka kita terikat pada pakta kebutuhan dan pengabaian, seolah-olah mereka menjadi saksi bagi momen hidup kita yang takkan pernah terjumpai lagi.” (Hlm. 9)

Bacaan yang sangat menarik dan wajib dibaca bagi kamu yang mengaku bibliophile atau pencinta buku. Saking bagusnya membuat saya bingung menulis review panjangnya. Pokoknya ceritanya bagus sekali!

  • Candrasa karya Primadonna Angela

“Inilah cinta, tidak hanya memikirkan apa yang akan dia dapat, melainkan memikirkan hal terbaik bagi orang yang dicintai. Inilah cinta, menyadari meski tidak selalu setuju pada pilihan orang itu, kita tetap menyayangi.” (Hlm. 249)

Buku ini mengisahkan tentang seorang remaja laki-laki yang memiliki bakat istimewa; Candrasa. Ceritanya tidak tertebak dan mampu membuat pembaca terbawa perasaan meski adegan romance-nya sedikit. Review lebih lengkap bisa dibaca di sini.

  • Gentayangan karya Intan Paramaditha

“Sebagian cerita selalu menikam, tak pernah tumpul meski diulang-ulang.” (Hlm. 364)

Salah satu bacaan yang berkesan di tahun 2017 dan jadi favorit saya. Formatnya yang tidak biasa, kaya akan makna, dan selipan-selipan ilmu yang membangkitkan rasa ingin tahu membuat otak saya terasa panas. Review lebih lengkap bisa dibaca di sini.

  • Suara dari Marjin karya Sofie Dewayani dan Pratiwi Retnaningdyah

“Buku ini mengangkat suara kelompok marginal sebagai kalangan yang selama ini mungkin dilabeli stigma ‘tidak literat’, atau kurang terpelajar, dalam standar pendidikan formal. Buku ini memaparkan bagaimana kelompok-kelompok ini mempraktikkan literasi—di buku ini didefinisikan sebagai kegiatan yang berpusat pada teks—sebagai praktik sosial.” (Hlm. 9)

Bacaan menarik yang akan mengubah pandangan dan anggapan pembaca tentang buruh migran dan anak jalanan. Review lebih lengkap bisa dibaca di sini.

Selamat mencari dan selamat membaca! 🙂

Iklan