[Review] Rahasia Penulis Hebat Menciptakan Karakter Tokoh by Ahmad Fuadi


Judul: Rahasia Penulis Hebat Menciptakan Karakter Tokoh

Penulis: Ahmad Fuadi

Genre: Non-Fiksi

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama (GPU)

Cetakan 1: Januari 2012

Bahasa: Indonesia

ISBN: 978-979-22-7877-4

Halaman: 120 halaman

Harga: Rp 30.000,-

Rating: ♫♫♫

Sinopsis

Apa rahasia Ahmad Fuadi menciptakan tokoh-tokoh dalam novel trilogi Negeri 5 Menara?

Bagaimana Eka Kurniawan mendesain karakter tokoh di novel Cantik Itu Luka?

Apa formula Gol A Gong ketika ia menghadirkan tokoh si Roy yang begitu mempesona di hati pembaca?

Temukan rahasia mereka di dalam buku ini.

Salah satu tantangan menjadi penulis adalah mampu menciptakan karakter tokoh yang berkesan dan “hidup” di hati para pembaca. Penulis-penulis hebat seperti Ahmad Fuadi, Gol A Gong, Eka Kurniawan, Donatus A. Nugroho, dan sederet penulis hebat lainnya; dengan senang hati membagikan rahasia mereka dalam menciptakan karakter tokoh dengan baik dalam buku ini.

Setiap penulis memiliki rahasia dalam menciptakan karakter tokoh. Ada yang mengalir dalam imajinasi mereka begitu saja; ada yang terinspirasi dari orang-orang di sekeliling; dan ada yang bahkan membutuhkan sebuah riset karakter tokoh.

Buku Rahasia Penulis Hebat Menciptakan Karakter Tokoh ini tentunya bermanfaat bagi kamu yang ingin mulai menulis atau berprofesi sebagai penulis.

Review

“Tokoh dalam setiap cerita, memiliki peranan yang sangat penting untuk mengolah konflik yang ada. Kemampuan seorang pengarang dituntut untuk dapat menghidupkan setiap tokoh yang dibuatnya.” – Putra Gara (Hlm. 88) “Dalam hidup pasti ada rencana dan tujuan, begitu juga saat menulis, tidakdatang begitu saja. Menghadirkan seorang tokoh dalam cerita pun harus ada konsep sejak awal, lalu diendapkan, direnungkan, dicoba-coba, hingga muncul tokoh yang akhirnya menjalani cerita dalam dunia rekaan penulis.” – Sefryana Khairil (Hlm. 93)

Seperti yang dikatakan Putra Gara di atas, tokoh dalam setiap cerita memiliki peranan yang amat penting. Saya setuju sekali dengan apa yang dikatakannya karena bila suatu cerita menampilkan tokoh-tokoh yang tidak menarik dan terlihat asal, saya sebagai pembaca pun tidak akan semangat dan membuat saya semakin malas menyelesaikannya. Namun, menciptakan karakter tokoh yang unik dan mampu menarik perhatian pembaca bukanlah sesuatu hal yang mudah. Terlebih untuk penulis pemula seperti saya maupun teman-teman yang lain.

Setelah membaca buku ini saya menjadi tahu bahwa tak hanya sifat/karakter tokoh saja yang penting yang harus dipikirkan saat menciptakan tokoh dalam cerita rekaan kita, tapi nama yang kita pilih untuk setiap tokohnya pun merupakan salah satu unsur penting yang perlu kita perhatikan. Seperti yang dikatakan Eka Kurniawan dalam buku ini yaitu pasti terasa aneh bila nama diletakkan begitu saja tanpa membangun logika yang benar dalam ceritamu. Kita perlu memikirkan hal tersebut dengan sematang mungkin, dan kita nggak bisa sembarang pilih nama agar tokoh yang kita ciptakan sesuai dengan latar belakangnya, tidak terlihat mengada-ada dan benar-benar nyata.

Meski saya merasa ada sesuatu yang kurang dalam buku ini, tapi cukup banyak pula ilmu yang bisa saya petik dari pengalaman dan tip yang dibagikan oleh para penulisnya. Beberapa yang saya suka, yaitu rahasia yang diberikan oleh Ali Muakhir, Dewi Dedew Rieka, Eka Kurniawan, Kinoysan, Ollie, dan Sinta Yudisia. Menurut saya, pembahasan yang mereka bagikan lebih terperinci dan lebih berisi dibandingkan dengan yang lain, dan lebih mengena pada apa yang belum saya pahami. Tapi, bukan berarti rahasia yang lain nggak mudah untuk saya tangkap. Jika saya menggabungkan semua rahasia para penulisnya maka saya akan dapat pemahaman yang cukup untuk membuat karakter tokoh.

Buku ini adalah buku yang bagus dan bermanfaat bagi para penulis pemula atau untuk kita yang berniat menjadi penulis. Dalam buku ini, kita menjadi tahu dasar/gambaran bagaimana dan apa saja proses yang dilakukan oleh beberapa penulis hebat kita dalam menciptakan karakter tokoh-tokohnya menjadi tokoh yang unik dan nyata, walaupun tokoh tersebut tokoh fiktif, dalam novel maupun cerpen yang pernah mereka buat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s