GYW Publishing, Review 2014, Review Buku

[Review] 3 Ikan, 3 Mimpi, 3 Pilihan Hidup by @josuawahyudi


www.josuawahyudi.com
http://www.josuawahyudi.com

Judul Resensi: 3 Ikan, 3 Mimpi, 3 Pilihan Hidup

Judul Buku: Aquarium Impian

Penulis: Josua Iwan Wahyudi & Sarah A. Christie

Penerbit: Get Your Wisdom Publishing

Genre: Fiksi Motivasi/Pengembangan Diri

Cetakan I: Juni 2013

Bahasa: Indonesia

Halaman: 140 halaman

ISBN: 978-602-18489-0-6

Harga: Rp 42.500 (www.bukabuku.com)

Rating: 3/5

Sinopsis

Hanya karena kita lahir di lingkungan yang buruk, bukan berarti kita tak punya hak untuk memiliki hidup yang lebih baik. Hanya karena keadaan di sekitar kita gelap dan menghimpit, bukan berarti kita tidak punya kemampuan dan kelayakan untuk keluar dan mengejar tempat berkilau cahaya.

Kita semua berhak mengejar AQUARIUM IMPIAN kita masing-masing, sama seperti Thomas yang bejuang mengejar samudra kebebasannya.

Jika engkau mulai kehilangan keyakinan akan kehidupanmu, atau engkau tak lagi percaya bahwa kehidupan bisa lebih dari yang saat ini engkau jalani. Kisah Thomas dan kedua temannya dalam AQUARIUM IMPIAN, akan sangat menginspirasi jkiwa dan hatimu!

Review

“Tidak ada mimpi yang hanya mimpi. Tidak ada khayalan yang hanya khayalan. Semua cita-cita jika kita berusaha cukup keras dan memberi waktu cukup lama untuk cita-cita itu mencari jalannya menuju kenyataan, maka bukan tak mungkin kita akan melihat lebih dari apa yang kita bayangkan.” (Hal. 34)

 

“Beranilah berusaha untuk mendapatkan apa yang seharusnya memang layak untuk Anda dapatkan. Kadang-kadang kita terlalu berani bermimpi, tetapi tak punya keberanian untuk mewujudkan mimpi itu.” (Hal. 136)

Novel fiksi motivasi karya Josua Iwan Wahyudi dan Sarah A. Christie ini merupakan novel yang mengisahkan tiga ikan yang memiliki sifat berbeda-beda, namun saling mengisi dan menyemangati satu sama lain. Ketiga ikan tersebut, yaitu Pez, Dom, dan Thomas. Mereka bertiga memiliki impian yang sama yaitu keluar dari aquarium toko ikan yang tua dan tak terawat.

Keluar dari aquarium kecil dan tak terawat, lalu pindah ke aquarium yang jauh lebih baik, bagus, dan terawat ternyata tidak membuat hidup mereka tenang dan nyaman seperti yang mereka bayangkan. Pez, Dom, dan Thomas justru dibuat pusing dengan segala peraturan yang ada dan perubahan yang terjadi. Namun, adanya sosok Opa Joe amat membantu mereka untuk bangkit dan tidak menyerah dengan segala macam perubahan yang menghampiri mereka.

Ann si pemilik baru Dom, Thomas, Pez, dan ikan lainnya memiliki caranya sendiri dalam ‘mendidik’, memelihara, dan merawat ikan-ikannya. Ann memiliki tiga aquarium, yaitu aquarium yang ditempati Dom, Pez, dan Thomas, aquarium medium, dan aquarium XL. Jika ingin berpindah ke aquarium yang lebih besar dan mewah, mereka harus mengikuti semua peraturan yang dibuat oleh Ann.

Singkat cerita, Pez yang sebelumnya bertingkah aneh di aquarium lama, lebih memilih mengkhianati sahabat sendiri dibandingkan bersama-sama berusaha menggapai impian. Pez lebih memilih cara yang diberikan Paman Rex untuk bisa pindah ke aquarium medium daripada berusaha dengan cara baik-baik bersama Thomas dan Dom. Akibat ulahnya, banyak ikan yang sakit dan mengalami masalah fisik yang mencengangkan di aquarium lama.

Alur yang digunakan yaitu alur maju dan sedikit alur mundur, sedangkan sudut pandangnya menggunakan sudut pandang orang pertama. Seperti buku-buku Josua Iwan Wahyudi sebelumnya (bukan fiksi), bahasanya pun mudah dimengerti. Kover yang simpel tapi elegan, dan penyampaiannya yang sederhana membuat kesan ‘bacaan yang berat’ pada buku ini hilang.

Sikap ketiga ikan tersebut pun amat berbeda satu sama lain. Pez dengan sikapnya yang pesimis, mudah menyerah, suka mengeluh, tidak mau mencoba, dan engga pernah bersikap positif. Dom yang selalu tertawa dalam keadaan apapun, sangat pandai, dan memiliki sikap optimis. Sikapnya yang tenang dalam berbagai situasi bisa kita tiru dalam kehidupan kita.

Lain lagi dengan Thomas. Thomas memiliki sikap tidak gampang menyerah, senang bersosialisasi, persisten, berkemauan kuat, pintar, dan pemimpi. Opa Joe sendiri merupakan ikan yang sangat bijaksana dan sosok pemimpin panutan yang berwibawa dan penuh kearifan. Berbeda dengan Opa Joe, Paman Rex adalah ikan yang tidak mau terkalahkan, kejam, senang membawa/menghasut ikan lain ke jalan yang tidak benar.

Kisah ketiga ikan tersebut dapat dibilang seperti kisah kita sendiri. Dalam upaya menggapai impian, pasti akan selalu ada godaan yang menghampiri. Diharapkan adanya novel ini bisa membuat pembaca peduli akan mimpinya, tidak menyia-nyiakan hidupnya, dan tidak putus akal dalam menggapai impiannya. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kisah Thomas, Dom, dan Pez. Buku ini menyiratkan pesan tentang impian dan pilihan hidup yang disajikan dalam bentuk fiksi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s