Elex Media Komputindo, Review 2013, Review Buku

[Review] Lakukan dengan Hati by Dedy Dahlan


image

Judul Buku: Lakukan dengan Hati
Penulis: Dedy Dahlan
Penerbit: Elex Media Komputindo
Terbit: September 2013
Bahasa: Indonesia
Tebal: 240 halaman
ISBN: 978-602-02-1968-4
Peresensi: Launa Rissadia
Rating: 3.5/5

Sinopsis
Buku ini memberikan bukan hanya teori muluk di awang-awang tentang konsep ENJOY dalam hidup, karier, dan pekerjaan. Melalui kisah- kisah dengan gaya khasnya yang kocak, nyeleneh, dan kreatif, tapi memiliki makna yang dalam, Dedy Dahlan sekali lagi menggabungkan INSPIRASI dan KOMEDI sebagai cara untuk berbagi langkah-langkah PRAKTIS dalam mengembangkan diri Anda menjadi seorang Self Coach supaya bisa melakukan aktivitas Anda dengan HATI!

Membantu semua pembacanya bekerja dan berkarya dengan MENIKMATI apa yang mereka lakukan, dan mampu MEMOTIVASI diri sendiri!

Isi:
Buku ini mengajarkan langsung metoda untuk menjadi Self Coach untuk menikmati proses dalam meraih tujuan dengan melalui:
– Teknik-teknik Coaching, seperti “Powerful Questioning”, “Active Listening”, SMART Goal Setting, dll.
– 10 cara untuk selalu ENJOY dalam aktivitas karier dan bisnis.
– Teknik dan metoda aplikatif untuk mengubah beban jadi fun, seperti Building FLOW, Setting Challenge, dll.

Semua ini dikemas dalam:
– Kisah-kisah yang kocak dan gokil membuat proses memahami konsep lebih FUN.
– Konsep motivasi yang dibungkus dengan pembahasan nyeleneh.
– Teori dan kasus real dalam gaya bahasa yang ringan agar mudah dipahami.
– Teknik-teknik aplikatif untuk menikmati berbagai suasana yang dahsyat dan mudah diterapkan kapanpun.
– Elemen grafis yang membuat bukunya lebih keren dan maknanya lebih nendang!

Review

“Do what you LOVE, love what you DO!”
Kalau nggak enjoy, ngapain terus dikerjain?

Buku ketiga karya Dedy Dahlan (Passion Coach, penulis buku best sellerPassion! Ubah Hobi Jadi Duit” dan member of International Coach Federation) ini berisikan tentang melakukan apapun yang kita suka dan menyukai apapun yang kita kerjakan, dan juga cara bagaimana kita menjadi seorang self coach. Dalam bukunya penulis ingin para pembacanya bisa menjadi seorang self coach, yaitu seseorang yang mampu mengembangkan dirinya sendiri, seseorang yang mampu memotivasi dirinya sendiri dalam keadaan apapun.

Kisah teman penulis yang ada pada part 0 (Intro) mampu membuat kita berpikir dan merenungkan pekerjaan/karier yang sedang kita jalani saat ini. Apakah karier/pekerjaan tersebut memang karier/pekerjaan yang kita suka atau tidak. Bagi sebagian orang yang tidak menikmati pekerjaan/kariernya, mungkin kisah tersebut seperti ‘tamparan’ buat mereka. Namun, lain halnya bagi orang yang menyukai dan menikmati pekerjaan/karier mereka. Dalam diri mereka (pasti) akan timbul rasa syukur atas karier/pekerjaan yang dimiliki saat ini ketika mereka membaca kisah tersebut. Sama seperti yang aku alami saat membacanya. 😀

“Kalau kita mau bahagia, kita akan menemukannya di sepanjang proses perjalanan, bukan di akhir perjalanan kita. Seperti itulah, maka passion itu BUKAN tujuan, passion adalah JALAN.”

Buku “Lakukan dengan Hati” ini terbagi menjadi lima part. Secara garis besar part one mengajak kita untuk bekerja dengan hati, bekerja sesuai dengan passion kita. Dalam passion, kita akan menemukan kebahagiaan. Part one membuktikan pada kita bahwa dengan menikmati apa yang sedang kita lakukan, dengan sendirinya akan muncul keajaiban-keajaiban yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Terdapat pula kisah John Sculley yang memilih keluar dari Pepsi Cola dan menerima ajakan Steve Jobs, dan kemudian menjadi CEO perusahaan baru yang didirikan oleh Steve Jobs.

“Dengan menggunakan PERTANYAAN, kita sesungguhnya memancing otak kita memusatkan diri secara penuh ke arah yang KITA INGINKAN!”

Pada part two penulis mengajak kita untuk bertanya pada diri kita sendiri mengenai hidup dan karier yang sedang dijalani dan diharapkan. Penulis menjelaskan pula tentang dahsyatnya sebuah ‘pertanyaan yang tepat’ dan ada juga tip bertanya untuk lebih baik. Tak hanya itu, di part ini pun terdapat contoh pertanyaan yang mengubah hidup. Pokoknya part two ini semuanya tentang ‘pertanyaan yang tepat’! 😀

Part three adalah inti dari buku ini dan part yang menurutku paling penting. Part three sendiri memuat tentang 10 cara untuk selalu enjoy dalam hidup dan karier kita. Way 1 berisi tentang penjelasan mengenai makna hidup diri kita, tiga sumber nilai hidup, dan tiga pertanyaan ampuh yang membuat kita berpikir dan menyadari aktivitas dan makna hidup yang diinginkan. Melalui contoh-contoh berdasarkan kisah nyata, dalam way 2 penulis menjelaskan mengenai memakai ‘sedikit’ uang lebih kita untuk menikmati hidup kita. Memakainya untuk urusan hati seperti kisah Feri yang menggunakan uang lebihnya untuk melakukan passion lain yang dimilikinya.

Penulis pun mengajak kita untuk memperoleh uang dengan menikmati prosesnya.

“PROSES, walau mungkin memakan waktu, sebenarnya MENYIAPKAN Anda untuk kaya dengan TEPAT, dan menikmati aktivitasnya dengan optimal!”

Membaca cara kedua ini akan membuat kita paham mengapa uang merupakan satu cara untuk bekerja dengan hati, dan kenapa uang dibutuhkan untuk menikmati hidup sesuai dengan hati.

Pada bagian way 3 penulis mengajak kita untuk menentukan tujuan hidup kita, memikirkan apa yang kita mau, dan merayakan keberhasilan kita ketika telah mencapai goal walau goal kecil sekalipun. Saat kita sedang mengalami situasi sulit, jangan panik dan menyerah, tetapi pikirkan apa yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki situasi yang ada hingga benar-benar tidak ada lagi yang bisa dilakukan.

Menariknya cara tiga yakni ada paparan cara SMART dalam menentukan tujuan. Cara ini dapat membantu kita mencari dan memikirkan tujuan yang kita inginkan. Tujuan yang benar-benar dapat kita capai dan realistis. Dalam way 4 terdapat penjelasan tentang kondisi FLOW (bukan flow chart yang ada di mata kuliah Manajemen Operasi loh ya… :-D) dan komponen yang muncul bersama FLOW. Selain itu, ada juga empat syarat agar kita terserap dalam kondisi FLOW.

Way 5 berisi cerita dan paparan penulis mengenai bagaimana mengatasi rasa bosan di tengah-tengah aktivitas. Paparannya yang simpel dan jelas mampu membuat pembaca memahami variasi-variasi apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebosanan saat beraktivitas. Banyak sekali loh contoh variasi yang bisa dilakukan saat rasa bosan hadir dalam aktivitas kita yang gitu-gitu saja.

Di sela-sela aktivitas kita, kita pun perlu beristirahat meski sebentar. Way berikutnya pada buku ini menjelaskan pentingnya beristirahat sejenak dari segala macam aktivitas yang membuat penat/capek, contoh: liburan ke suatu tempat selama beberapa hari. Engga cuma kegiatan saja yang efektif, tetapi istirahat pun harus yang efektif. Gambaran mengenai istirahat yang kurang efektif dijelaskan pula oleh penulis di bagian ini.

Dalam hubungan kita dengan sahabat terdekat sekalipun pasti pernah satu atau dua kali mengalami sedikit perpecahan karena satu masalah. Pada way 7 terdapat penjelasan mengenai pentingnya membina hubungan dengan orang lain, teori ‘Six Degrees of Separation‘, dan juga solusi untuk mengatasi masalah dalam hubungan kita dengan orang lain. Mengapa berhubungan dengan orang lain itu penting? Temukan jawabannya di way 7. 😀

“If you want to enjoy gave back and share more!”

Memberi dan berbagi merupakan salah satu cara untuk beraktivitas dengan hati. Ada beberapa contoh yang bisa kita pahami tentang pentingnya memberi dan berbagi. Memberi dan berbagi engga akan mengurangi kekayaan/ilmu kita, namun justru menambah kekayaan/ilmu yang kita punya. Sebelum memberi dan berbagi pada orang lain, ada tujuh pertanyaan dari penulis yang bisa kita tanyakan pada diri sendiri agar tidak salah dalam berbagi maupun memberi, dan tidak merugikan kita maupun yang diberi.

Untuk bekerja dengan hati diperlukan suatu keyakinan dari dalam diri kita. Di way 9 penulis memaparkan keyakinan seperti apa yang mampu membuat kita bekerja dengan hati dan ada pula suatu kondisi yang disebut dengan kondisi ‘anti-enjoy‘. Tak hanya itu, sebagai seorang self coach, kita bisa menggunakan beberapa pertanyaan yang diberikan penulis di way 9 untuk menanyakan pada diri kita sendiri mengenai apa yang kita yakini.

Dalam melakukan suatu aktivitas kita perlu untuk fokus pada hal yang sedang kita kerjakan. Kita perlu hadir sepenuhnya di tempat kita berada. Kita perlu hadir sepenuhnya dalam segala hal yang sedang dikerjakan. Membaca way 10 kita akan menemukan makna dari hadir sepenuhnya. Ada juga delapan peraturan dasar untuk mencapai ‘kehadiran penuh’ dalam hari-hari kita. Seperti buku sebelumnya, part terakhir dari buku ini adalah kesimpulan singkat dan kerangkanya. Bila kita sudah membaca buku ini dan lupa tentang kesepuluh cara melakukan dengan hati, kita cukup melihat dari kerangka tersebut.

Penulis menyampaikan pemaparan/teorinya dengan kisah-kisah nyata dan ilustrasi sehingga engga bikin cepat bosan dan buku yang kesannya ‘sedikit berat’ bila baca judul dan juga tagline-nya, setelah membacanya kesan tersebut pun hilang. Gaya pemaparannya benar-benar santai sehingga ketika membaca bukunya sehabis pulang kerja pun engga bikin makin capek, tetapi justru membuat penat hilang. Amat disayangkan terdapat dua halaman di way 9 yang kata-katanya terpotong di satu kalimat terakhir dari halaman tersebut sehingga membuat kita kurang bisa memahami maksud yang ingin disampaikan penulis.

Buku ini bagus untuk dibaca, baik remaja maupun orang dewasa dan atau orangtua. Buku yang sangat cocok digunakan sebagai panduan bagi yang ingin memulai melakukan segala aktivitasnya dengan hati. Buku yang dibuat dengan setulus hati untuk mengisi kekosongan hati para pembacanya. Mari kita mulai beraktivitas dengan hati dan jadi seorang self coach sekarang juga! 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s