PT Grasindo, Review 2013, Review Buku

[Review] Menulis Sesuka Hati


Judul Buku: (Jurnal) Menulis Cara Gue.

Penulis: Primadonna Angela

Penerbit: PT Grasindo

Terbit: September 2013

Bahasa: Indonesia

Tebal: 216 halaman

ISBN: 978-602-251-206-6

Peresensi: Launa Rissadia

Rating: 3/5

Sinopsis

Resep paling jitu untuk menulis novel, cerpen, atau puisi cuma satu: mulailah menulis. Ide-ide terbang rendah, inspirasi bermain-main mengelilingimu. Tengoklah mereka dan rekamlah itu dalam tulisan-tulisanmu. Buku ini adalah salah satu cara untuk membuktikan bahwa: menulis “is an absolutely fun activity“. Di dalam buku ini, kamu bisa berkreasi sebebas-bebasnya, dengan dipandu oleh gagasan-gagasan kreatif dari Primadonna Angela. Yuk, tuliskan semua ide sekarang juga.

Review

“Tidak ada ide yang baru di dunia ini. Kuncinya adalah, mengolah ide yang sudah ada hingga mengalir lancar, menggunakan “suaramu”.” –  Primadonna Angela

Karya terbaru Primadonna Angela ini berisikan gagasan-gagasan kreatifnya tentang menulis. Mulanya saya pikir buku ini berisikan jurnal semacam jadwal kegiatan atau time schedule yang berkaitan dengan menulis. Dalam bayangan saya isi buku ini adalah beberapa tip menulis dan jurnal kosong dalam bentuk tabel seperti do and don’t list harian. Namun, setelah saya buka dan baca, perkiraan saya salah semua, hahaha.

“It’s not how great the ideas are. It’s about how you write them, to make them great.” – Primadonna Angela

Di sini saya tidak akan bilang bukunya seperti apa, tetapi yang akan saya bahas adalah garis besar kelebihan dan kekurangan buku ini secara umum. Di dalamnya—tepatnya di bagian atas, di setiap halamannya—ada gagasan seputar menulis yang mampu menyadarkan pun memberi semangat. Gagasan-gagasan kreatif penulis tidak cuma mendorong kita untuk terus menulis, tetapi juga menyadarkan kita bahwa menulis bukanlah pekerjaan yang mudah. Pun gagasan tersebut banyak memberikan pelajaran. Gagasan-gagasannya sekaligus merupakan tip menulis, contohnya gagasan tentang ide di atas.

Tidak hanya itu, di bagian awal buku terdapat penjelasan singkat tentang bagaimana caranya menulis. Mengapa singkat? Karena dari judulnya saja sudah jelas bahwa buku ini merupakan sebuah jurnal yang dimaksudkan sebagai tempat untuk menuangkan segala ide dan inspirasi. Bukan buku yang secara rinci membahas tentang dunia penulisan atau tip menulis. Paparan singkat penulis mengenai hal tersebut secara garis besar merupakan saran dan nasihat penulis dalam memulai menulis. Buat teman-teman yang sering menanyakan pertanyaan tersebut pasti akan menemukan jawabannya di sini.

Di bagian paling akhir, ada penjelasan mengenai langkah memoles naskah, jurus memikat editor, dan bagaimana memilih penerbit yang tepat. Sebelum mengirimkan naskah yang telah selesai ke penerbit, ada empat langkah yang harus kita lakukan untuk memperindah naskah kita. Penulis menjelaskan semuanya secara singkat dan langsung ke intinya. Menurut saya, keempat langkah tersebut dapat membantu penulis menghasilkan karya yang benar-benar indah, dan wajib dilakukan oleh seorang penulis setiap selesai membuat sebuah tulisan.

Setelah naskah selesai dibuat, hal berikutnya yang menjadi kekhawatiran seorang penulis adalah diterima atau ditolaknya naskah mereka oleh penerbit. Untuk jurus memikat editor sendiri bisa kita praktikkan sebelum kita mengirimkan naskah ke penerbit. Siapa tahu jurus tersebut ampuh memikat perhatian editor terhadap naskah kita. 😀 Sebagai seorang penulis pemula, bisa dibilang saya masih awam sekali soal penerbit di Indonesia. Hanya beberapa penerbit saja yang saya tahu dan itu pun tidak terlalu dalam. Cara memilih penerbit yang tepat yang diberikan penulis dalam buku ini sangat menambah pengetahuan saya dan pasti akan berguna suatu hari nanti.

Saya salut sama penulis yang memiliki ide membuat buku ini. Menurut saya, buku ini unik karena isinya tidak bisa diprediksi dan baru kali ini saya menemukan buku semacam ini. CMIIW. Kekurangan buku ini hanya satu yaitu tip menulisnya kurang banyak, haha. Selain itu, saya selalu senang ketika membaca sebuah buku dan tidak menemukan typo satu pun. Jadi kenyamanan saya saat membaca pun tidak terganggu. Dapat dikatakan buku ini adalah buku draft awal kita. Tempat kita menuangkan ide dan inspirasi. Buku untuk kita berkreasi, berimajinasi, dan ‘bermain-main’ dengan kata. Buku ini adalah dunia kita. Buku yang sangat berguna untuk para penulis pemula, contohnya seperti saya. 😀

(Jurnal) Menulis Cara Gue. adalah jurnal pribadi yang (buat saya) bisa menjadi sebuah pengingat akan mimpi dan pendorong sekaligus ‘alat’ dalam menulis. Buku ini saya rekomendasikan buat teman-teman sesama penulis pemula. Saya yakin buku ini akan bermanfaat terutama buat yang lebih senang menulis dengan tangan dibandingkan menulis di komputer/laptop/netbook.

Writing is a way to understand yourself.” –  Primadonna Angela #(Jurnal)MenulisCaraGue

Tinggalkan Balasan

