BBI's Events, Random

Close Up Interview Anggota BBI – Siro


Ini kali pertama aku ikut berpartisipasi dalam memeriahkan ulang tahun BBI yang kedua. Maklum anggota baru. 😀 Pada Close Up Interview BBI kali ini, aku mendapat kesempatan untuk mewawancarai seorang gadis pencinta buku yang akrab disapa dengan nama Siro (bukan Siro peliharaannya Shinchan loh ya :-D).

TeEn0091Beruntungnya mewawancara Siro tak sulit, dan bisa dibilang sangat cepat. Tak berapa lama setelah aku mengirimkan pertanyaan, Siro pun mengirimkan jawabannya. Antara percaya dan engga sih sebenarnya, hahaha. Karena Siro cepat sekali menjawabnya dan kupikir tidak semua pertanyaanku dijawab olehnya. Namun ternyata seluruh pertanyaanku disantap habis tak tersisa. 🙂 Ok deh, tanpa berlama-lama lagi, berikut hasil interview aku dengan Siro.

1. Q: Nama lengkap kamu siapa? Dan saat ini kegiatannya apa saja?

A: Nama lengkap Siti Robiah A’dawiyah. Kegiatan saat ini sih kuliah semester 6, mengajar privat, baca novel di sela-sela kesibukan, nge-blog kalau lagi ada waktu dan mood (aku moody-an ya, hehe ^_^), kadang nyoba bikin cerita (dan engga pernah selesai :D).

2. Q: Sejak kapan jadi member BBI? Gimana ceritanya/awal mulanya bisa atau kepingin jadi member BBI?

A: Mengajukan jadi member BBI akhir tahun kemarin, 2012. Diterima jadi member awal Januari sekitar tanggal 5 Januari 2013. Awalnya, aku kan penyuka novel roman, terus kadang aku suka salah beli novel yang dikira bakal seru eh malah kurang seru. Setelah aku ubek-ubek google aku nemuin beberapa blog yang ngebahas buku dan review-nya. Dari situ aku dapat rekomendasi novel yang seru. Terus aku lihat beberapa blog mereka itu memasang banner yang sama dengan banner BBI. Terus ngerasa “wah mereka keren bisa gabung di komunitas buku dan bisa berbagi pengalaman tentang buku yang bermanfaat bagi yang suka buku kaya aku.” Aku juga pingin ngebagi pengalaman baca buku aku, biar bisa bermanfaat. Gitu deh, akhirnya gabung juga, hehe.

3. Q: Sejak kapan suka buku?

A: Sejak mengenal membaca, sekitar umur 4 tahun.

4. Q: Penulis favorit kamu siapa saja?

A: Wah banyak banget, awal banget aku suka Pipiet Senja. Aku juga suka Sir Arthur Conan Doyle, Orizuka, Sitta Karina, Windy Ariestanty, Windry Ramadhina, Stephenie Meyer, Jean Austin.

5. Q: Sejauh ini dari semua buku yang telah kamu baca, buku apa yang jadi favoritmu?

A: Saat ini aku suka Life Traveler-nya Mbak Windy, Memori-nya Mbak Windy, Koleksi Sherlock Holmes.

6. Q: Kenapa buku tersebut jadi favorit kamu?

A: Life Traveler – karena banyak banget pelajaran hidup yang bisa diambil.

Memori – karena berkisah tentang keluarga yang mengharu biru.

Sherlock Holmes – karena suka perasaan deg-degan saat Holmes memecahkan masalah dan jadi buku pertama sebagai hadiah dari keluarga aku.

7. Q: Manfaat apa saja yang kamu dapat dari baca buku?

A: Banyak beud. Kadang jadi hiburan sejenak dari rutinitas, aku engga kebayang kalau engga ada buku. Aduh bisa-bisa boring banget hidup aku. Aku bisa kenal segala macam watak manusia dari buku, segala tragedi dan kehidupan yang engga pernah kita bayangkan terjadi dan menginspirasi hidup kita. Pokoknya Book is half my life (cieeh ^_^).

8. Q: Adakah buku yang kamu rasa membuat kamu berubah (dari awal mula suka baca buku sampai sekarang)? Kalau ada, buku apa dan kenapa?

A: Ada, novel Siluet Senja karya Hafiz. Gegara baca buku itu aku memutuskan berhenti baca novel, saat itu aku SMP. Isi dari novelnya cukup membuat aku tercenung berhari-hari. Memikirkan makna cinta yang tersirat dari buku itu. Dari situ aku berpikir bahwa novel membawa pengaruh yang sangat besar buat aku. Dan aku yang dulu naif engga mau baca novel yang bikin hidup dan pemahaman aku berubah. Aku vakum baca novel sampai kelas 2 SMA. Saat itu aku bertemu sama teman yang ngenalin aku ke novel kembali, dan aku mulai memahami makna baca novel atau buku. Bahwa kita boleh baca buku apa aja, asal kita punya filter penyerap makna dari novel hehe.

9. Q: Kepingin engga sih jadi penulis seperti penulis-penulis favorit kamu?

A: Pingin banget.

10. Q: Kiat-kiat apa saja yang kamu lakukan untuk mencapai impian tersebut (jadi penulis)?

A: Aku coba sedikit-sedikit menggarap cerita yang dikembangkan dari ide aku, beli buku-buku panduan menulis fiksi, baca website penulis favorit aku. Ikutan workshop menulis. Kumpul bareng teman yang suka menulis juga.

11. Q: Alamat blog kamu apa?

A: www.review-siro.blogspot.com

12. Q: Ada engga tips buat teman-teman kita yang engga suka baca buku biar jadi suka baca buku?

A: 1. Aku suka manas-manasin teman aku. Jadi kalau baca buku aku serius banget, dan aku baca bukunya di depan teman aku. Akhirnya karena penasaran teman aku ikut nimbrung baca.

2. Pilih buku yang ringan dulu aja untuk dibaca.

3. Membaca itu menyenangkan kalau kamu menghayatinya.

Siro bilang sama aku, kalau Ia suka dengan pertanyaan-pertanyaan yang aku berikan. Semoga teman-teman pun suka dan bisa menjadi (sedikit) lebih mengenal Siro setelah membaca hasil interview di atas. ‎:-D ​Thank you Siro atas waktunya. ​‎​:-) And for my beloved readers, thanks for reading! ♥

Iklan

10 thoughts on “Close Up Interview Anggota BBI – Siro”

  1. ada pengarang favorit Siro yang sama dnegabku, Sitta Karina, kalo nggak salah ikut Reading Challengeku juga ^^
    btw penasaran nih kenapa namanya dipanggiol Siro? 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s