PT Gramedia Pustaka Utama, Review 2013, Review Buku

[Review] 25 Curhat Calon Penulis Beken


20130409-220324.jpg

Judul Buku: 25 Curhat Calon Penulis Beken
Penulis: Triani Retno A.
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama (GPU)
Cetakan Ke-1: Oktober 2009
Bahasa: Indonesia
Tebal: 190 halaman
ISBN: 9789792250633
Peresensi: Launa Rissadia

Sinopsis

Susahkah menulis itu?Yang sudah terbiasa menulis akan menjawab, “Gampang kok. Menulis itu seperti air. Mengalir begitu saja….” Sebaliknya, yang masih bercita-cita jadi penulis mungkin akan berkata, “Menulis itu pekerjaan paling sulit di dunia!”

Nah, 25 Curhat Calon Penulis Beken adalah buku buat kamu yang senang menulis, sedang belajar menulis, dan ingin memublikasikan tulisanmu, tapi masih buta tentang urusan tulis-menulis. Di sini kamu akan menemukan jawaban semua pertanyaanmu, termasuk yang paling remeh dan paling naif sekalipun.

Entah kamu anak-anak, remaja, dewasa, atau lansia. Pelajar SD, mahasiswa, pekerja profesional. Artis, ibu rumah tangga, pensiunan. Bahkan pekerja migran di luar negeri… Berbagai majalah, surat kabar, tabloid, dan penerbit siap menerima dan menerbitkan naskahmu. Data tentang mereka juga tersedia dalam buku ini.

Honornya lumayan lho! Menyenangkan sekali kan, bisa menyalurkan hobi sekaligus mendapat pemasukan dari menulis? Makanya, ayo menulis!

Review
Menulis adalah salah satu hobi yang sedang digemari anak muda kini. Semakin banyak pula penulis baru yang bermunculan di dunia penulisan. Bagi seorang penulis pemula, menulis adalah sesuatu hal yang tak mudah. Sehingga banyak hal membingungkan yang dialami mereka. Dalam buku berjudul “25 Curhat Calon Penulis Beken” ini, Triani membahas beragam curhat yang sering menggentayangi seorang penulis pemula.

Sebagai seorang penulis pemula, aku merasa (hampir) semua curhat yang ada di buku ini pernah aku alami. Curhatan yang mana sering menghantuiku dan membuatku kebingungan. Membacanya mengembalikan memoriku pada momen-momen di mana aku baru memulai menekuni dunia penulisan. Beberapa curhatan tersebut diantaranya sering mengatakan aku tidak tahu harus mulai dari mana?, berucap aku kan masih pemula, aku tidak punya bakat menulis, dan lain-lain.

Contoh-contoh yang terdapat pada buku ini hampir semuanya adalah pengalaman penulis sendiri ketika masih sebagai penulis pemula. Dalam curhat yang ke-11 (Buat Apa Ikut Lomba), penulis memberi beberapa contoh lomba penulisan yang biasanya ada, keuntungan mengikuti lomba penulisan, juga hal-hal yang harus diperhatikan ketika mengikuti lomba.

Bukan suatu hal yang mengherankan bila seorang penulis pemula sesekali bosan terhadap naskah yang sedang ditulisnya. Penulis yang sudah profesional pun terkadang mengalami hal yang sama. Dan itu merupakan hal yang wajar. Selain memberikan penjelasan, penulis juga memberikan tips mengatasi rasa bosan yang muncul ketika sedang menulis. Di samping rasa bosan, seorang penulis pun terkadang mengalami kebuntuan saat menulis. Dalam buku ini terdapat pula tips untuk mengatasi hal tersebut.

Ketika naskah telah selesai ditulis, tentunya kita pun ingin agar naskah tersebut dapat diterbitkan, dan dibaca semua orang. Dengan membaca buku ini, aku menjadi tahu apa saja yang harus dikirim saat kita hendak mengirimkan naskah. Selain itu, terdapat pula hal-hal tentang penerbit yang harus kita perhatikan sebelum mengirimkan naskah, juga beberapa hal yang menjadi penyebab ditolaknya naskah kita.

Kekurangan buku ini salah satunya yaitu pada bagian cover tertulis berisi tips & trik nulis naskah juara. Akan tetapi aku tak menemukan di mana tips & trik tersebut. Kupikir bukan mengenai apa yang harus diperhatikan ketika hendak mengikuti lomba-lomba seperti yang tertulis pada curhat #11. Karena pada dasarnya semua yang mengikuti lomba (pasti) akan seteliti mungkin membaca ketentuan lomba yang diberikan. Kecuali bagi yang memang orangnya tak terlalu teliti (hanya membaca sekilas dan (maaf) loading-nya lama).

Menurutku, buku ini kurang berisi dikarenakan contoh nyata yang sedikit sekali dan tak dilengkapi dengan pertanyaan-pertanyaan yang menantang pembaca untuk bisa membuat naskah yang bagus/layak dikirimkan sebagai sebuah latihan. Beruntungnya cover buku ini cukup bisa menarik perhatian pembaca. Sehingga pembaca (mungkin) tertarik membeli karena cover-nya yang cukup lucu, sama sepertiku dulu. Tapi, sangat disayangkan apa yang kucari tak kutemukan di sini.

Buku ini cocok bagi pembaca yang ingin sekadar tahu dan menambah pengetahuan tentang curhat yang sering dilontarkan seorang penulis pemula. Namun, bila pembaca menginginkan pembahasan yang lebih mendalam, kurasa buku ini belum bisa memenuhinya. Sebab, di dalamnya tak ada contoh naskah (seperti naskah juara), dan apa yang mendasari sebuah naskah bisa menjadi naskah juara.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s