Raih Asa Sukses, Review 2013, Review Buku

[Review] Up Your Success (Book #2)


20130130-234500.jpgJudul: Up Your Success
Penulis: Anthony Dio Martin
Penerbit: Raih Asa Sukses (Penebar Swadaya Grup)
Cetakan: I
Tahun Terbit: 2010
Peresensi: Launa Rissadia

Ringkasan
Alangkah nyamannya kalau dengan waktu yang relatif singkat, kita mampu menyelesaikan banyak hal dari pekerjaan. Bayangkan seandainya kita mampu mulai mengelola hidup ini dengan baik. Selain pekerjaan selesai, kita juga punya waktu untuk keluarga dan kehidupan pribadi. Buku ini akan mengubah kehidupan Anda menjadi lebih baik. Di dalamnya tersaji rangkaian kisah–kisah inspirasi dengan gaya tulisan ringan dan tidak terlalu panjang. Bisa dibaca kapan saja dan berhenti di mana saja. Tulisannya kaya ide–ide dan variatif sehingga mudah dipahami maknanya. Tulisan ini merupakan motivasi yang berharga. Semoga Anda akan terinspirasi.

Buku yang menyadarkan tentang adanya begitu banyak titik balik untuk jadi lebih baik di berbagai dimensi dalam kehidupan. Buku yang membuka setiap pintu, jendela, dan celah dalam diri untuk keluar dari zona kenyamanan statis menjadi dinamis menembus batas. Buku yang membangunkan dari kepolosan melihat hanya satu sisi sempit menjadi kemampuan mengagumi multifacet yang menakjubkan. Kita akan dibawa merenung tanpa berpikir serius lalu sadar penuh, introspeksi tanpa emosi ‘cengeng’ lalu bangkit positif, mencerna tanpa rasa terbebani lalu melangkah ringan. Sinergi dari kerendahan hati dalam kematangan emosi, kesederhanaan dalam wawasan intelektual luas dan niat berbagi dalam kekayaan referensi dari Anthony Dio Martin menjadikan buku ini enak dibaca, bahkan untuk yang tidak suka membaca. Fantastik!

dr. Kasim Rasjidi., SpPD-KKV., DTM&H., MCTM., MHA., SpJP., LPNLP., ELT.

Dokter spesialis penyakit dalam, jantung, dan pembuluh darah; master manajemen dan penyakit infeksi; praktisi NLP, trainer dan holistic healing. Host radio-talkshow SMART FM.

Review
Dalam buku bagian #2 “Up Your Success“, Anthony Dio Martin membagi pembahasan menjadi dua part, sama seperti buku #1 Up Your Life. Part 1 dalam buku ini terdiri dari 10 artikel tentang semangat kerja. Sedangkan, part 2 terdiri dari 14 artikel yang membahas mengenai raih sukses, gapai impian. Kedua puluh empat artikel tersebut dijelaskan penulis secara jelas dan mudah dipahami.

Pada bagian preface, penulis menjelaskan empat alasan tidak sukses juga tiga poin menjadi muda & sukses. Beberapa pembahasan dalam buku ini diantaranya 7 ciri dari toxic employee, 7 ciri utama pada seorang toxic leader, 5 level kepemimpinan sejati menurut John Maxwell beserta contoh nyatanya, 10 penyakit berbahaya bagi pekerja pemula disertai 10 solusinya, tiga kunci membangun mentalitas dan karakter kepahlawanan dalam diri, dan lain-lain.

Dalam salah satu artikel yang berjudul “Kontribusi atau Cuma ‘Busy‘?”, terdapat penjelasan tentang 2 hal yang perlu menjadi perenungan. Tak hanya itu penulis juga menuturkan mengenai mem-boost produktivitas dengan cara “melepaskan” atau membiarkan pergi (let go) beberapa hal, seperti let go of perfectionism, dan lain-lain.

Beberapa pembahasan yang aku suka dan menurutku sangat menarik adalah pembahasan mengenai tiga catatan penting dari Dave Plezer, belajar dari kesuksesan Walt Disney, belajar dari seorang Dare Dreamer sejati yaitu Barack Obama, kisah sukses Arnold Schwarzenegger dalam meraih impiannya, dan kisah Thomas Alfa Edison yang dapat memberikan banyak pelajaran berharga. Pelajaran operasional hitung yang bisa dipelajari sehubungan dengan kesuksesan hidup kita.

Tiga catatan penting dari Dave Plezer tersebut untuk mengatasi agar masa lalu tidak jadi beban kehidupan kita. Pada penuturan kisah Walt Disney disebutkan, untuk menggapai kesuksesan diperlukan 3 hal yaitu The Dreamer, The Realist, dan The Critic. Yang tak kalah menariknya adalah adanya penjelasan mengenai kekuatan imajinasi dilengkapi dengan dua kisah orang sukses yang awalnya hanya berimajinasi, kemudian menjadi kenyataan.

Pada pembahasan belajar dari Barack Obama, terdapat pula penjelasan lima perbedaan kualitas antara Daring Dream dengan Daydream. Dalam buku juga disebutkan, kesuksesan seseorang dipengaruhi oleh 3 faktor H, diantaranya Hoki, Hong Shui (Feng Shui), dan Hopeng/Pertemanan. Masih banyak pembahasan-pembahasan menarik lainnya dalam buku ini yang bisa kita peroleh. Kekurangan pada buku ini sama seperti bagian #1, terlihat beberapa typo dan pembahasannya kurang mendalam yang disebabkan karena buku ini hanya berisi kumpulan-kumpulan artikel.

Dengan penuturan Anthony Dio Martin yang jelas dan mudah dipahami pada kedua puluh empat artikel tersebut, semua kekurangan yang ada seakan terlupakan saat membaca bukunya. Meski penjelasannya sedikit, tapi cukup memberikan gambaran atas apa yang sedang dibahas. Seluruh artikelnya tak bertele-tele, sehingga saat membaca buku kecil ini membuat kitacepat memahami dan ingin terus membacanya sampai tak tersisa. Kelebihan lainnya sama seperti di buku #1 Up Your Life. Dapat dikatakan “Up Your Success” adalah buku kecil dengan beragam menu menyehatkan di dalamnya. Dengan membaca buku ini otak kita bisa bertambah sehat. Aku beri tiga bintang sebagai rating buku ini. 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s