Review 2013, Review Buku

[Review] Karier Top sebagai Penulis


karier-top-sebagai-penulisJudul Buku: Karier Top sebagai Penulis

Penulis: Bambang Trim

Penerbit: Direktorat Jenderal PPM & PLP

Cetakan Pertama: Agustus 2011

Tebal: 142 halaman

ISBN: 978-979-4423-53-0

Peresensi: Launa Rissadia

Sinopsis

Peluang berkarier di bidang penulisan terbuka luas. Penulis merupakan profesi multidimensi. Profesi penulis selalu dibutuhkan karena tidak ada satu bidang pun di dunia ini dapat lepas dari kegiatan tulis menulis. Profesi penulis hadir menawarkan kebebasan finansial di luar hal yang sifatnya abstrak, seperti pengakuan, penghargaan, dan pujian. Menulis adalah bisnis, bukan sekadar pekerjaan. Dalam buku Seri Profesi Paling Dicari: Karier Top sebagai Penulis ini, Anda akan mendapatkan berbagai pemahaman tentang hal berikut.

• Bagaimana profesi penulis sebenarnya?

• Apa pekerjaan penulis?

• Bagaimana karier di bidang kepenulisan?

• Bagaimana cara untuk menjadi seorang penulis?

Buku ini juga dilengkapi kisah inspiratif para penulis di Indonesia untuk memotivasi Anda yang berminat menekuni profesi ini.

Review

Memilih karier yang ingin kita jalani tentu tidaklah mudah. Sebanyak-banyaknya karier yang tersedia tidak akan membuat kita nyaman bila tak ada passion dalam diri kita terhadap karier yang kita pilih. Selain pentingnya passion dalam karier, mengembangkan kemampuan dan keterampilan kita secara berkelanjutan untuk karier kita juga sangat penting.

Di buku ini penulis menjelaskan secara jelas juga rinci mengenai karier sebagai penulis. Buku ini sudah jelas sangat bermanfaat bagi para penulis pemula yang benar-benar ingin serius menjalani kariernya sebagai penulis. Tetapi, apakah seseorang yang bukan penulis pemula tak bisa membaca buku ini? Tentu saja bisa. Sebab buku ini dapat dibaca oleh siapa pun yang ingin mengetahui seputar dunia penulisan.

Buku ini tidak hanya diperuntukkan bagi penulis pemula saja. Siapa pun bisa membeli dan membaca buku ini serta bisa menjadi seorang penulis. Karena pada dasarnya menjadi seorang penulis yang diperlukan hanya memiliki kemampuan menulis yang baik dan hasrat (passion) menulis tentunya. Berita baiknya adalah kemampuan menulis tersebut bisa ditumbuhkan serta dikembangkan di segala umur.

Bagi yang belum mengetahui dunia penulisan, di sini penulis memaparkan secara jelas mengenai seluk beluk dunia penulisan. Mulai dari perbedaan author dengan penulis, bidang-bidang yang bisa penulis tekuni untuk menjadi penulis profesional, peluang-peluang apa saja yang ada jika memilih karier sebagai penulis, dan lain-lain.

Yang paling aku suka dari buku ini adalah adanya penjelasan mengenai apa yang perlu diperhatikan, serta menjadi syarat jika ingin menjadi seorang penulis. Dengan begitu kita bisa berpikir dan mempersiapkan diri dengan lebih baik sebelum memilih karier sebagai seorang penulis. Buku ini sangat bermanfaat bagi penulis pemula karena di buku ini penulis menjelaskan dengan sangat jelas bagaimana menjadi seorang penulis profesional serta cara memasarkan diri sebagai penulis profesional.

Kelebihan dari buku ini adalah pemaparan masing-masing bagian yang jelas sekali dan langsung ke intinya, adanya contoh CV serta proposal yang bisa dijadikan contoh buat pembaca jika ingin memasarkan diri sebagai penulis profesional, adanya cerita pengalaman-pengalaman penulis sebagai seorang penulis maupun editor, serta bahasa yang digunakan meski baku namun mudah dimengerti.

Buku ini sangat disarankan untuk dibaca oleh semua orang. Khususnya bagi yang mengaku sebagai penulis pemula dan ingin menjadi penulis yang benar-benar profesional. Karena dengan membaca buku ini kita menjadi tahu ke mana arah tujuan karier kita sebagai penulis.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s