Raih Asa Sukses, Review 2013, Review Buku

[Review] Up Your Life (Book #1)


20130130-234500.jpg

Judul: Up Your Life
Penulis: Anthony Dio Martin
Penerbit: Raih Asa Sukses (Penebar Swadaya Grup)
Cetakan: I
Tahun Terbit: 2010
Jumlah Halaman: 164 halaman
Peresensi: Launa Rissadia

Ringkasan
Alangkah nyamannya kalau dengan waktu yang relatif singkat, kita mampu menyelesaikan banyak hal dari pekerjaan. Bayangkan seandainya kita mampu mulai mengelola hidup ini dengan baik. Selain pekerjaan selesai, kita juga punya waktu untuk keluarga dan kehidupan pribadi. Buku ini akan mengubah kehidupan Anda menjadi lebih baik. Di dalamnya tersaji rangkaian kisah – kisah inspirasi dengan gaya tulisan ringan dan tidak terlalu panjang. Bisa dibaca kapan saja dan berhenti di mana saja. Tulisannya kaya ide – ide dan variatif sehingga mudah dipahami maknanya. Tulisan ini merupakan motivasi yang berharga. Semoga Anda akan terinspirasi.

Buku yang menyadarkan tentang adanya begitu banyak titik balik untuk jadi lebih baik di berbagai dimensi dalam kehidupan. Buku yang membuka setiap pintu, jendela, dan celah dalam diri untuk keluar dari zona kenyamanan statis menjadi dinamis menembus batas. Buku yang membangunkan dari kepolosan melihat hanya satu sisi sempit menjadi kemampuan mengagumi multifacet yang menakjubkan. Kita akan dibawa merenung tanpa berpikir serius lalu sadar penuh, introspeksi tanpa emosi ‘cengeng’ lalu bangkit positif, mencerna tanpa rasa terbebani lalu melangkah ringan. Sinergi dari kerendahan hati dalam kematangan emosi,kesederhanaan dalam wawasan intelektual luas dan niat berbagi dalam kekayaan referensi dari Anthony Dio Martin menjadikan buku ini enak dibaca, bahkan untuk yang tidak suka membaca. Fantastik!
dr. Kasim Rasjidi., SpPD-KKV. , DTM&H. , MCTM. , MHA. , SpJP. , LPNLP. , ELT.
Dokter spesialis penyakit dalam, jantung, dan pembuluh darah; master manajemen dan penyakit infeksi; praktisi NLP, trainer dan holistic healing. Host radio-talkshow SMART FM.

Review
Memiliki kehidupan yang jauh lebih baik dari sebelumnya merupakan harapan orang banyak. Namun, tak banyak orang yang dengan panjang hati bersedia melakukan upaya keras demi mengubah kehidupannya. Buku yang ditulis oleh The Best EQ Trainer Indonesia ini, terdiri dari dua part. Part pertama berisi kumpulan artikel berkenaan dengan pengembangan potensi diri. Sedangkan, part kedua berkaitan dengan penyelarasan hidup.

Dalam masing-masing part tersebut terdapat kisah-kisah yang sangat menginspirasi dan bisa kita ambil maknanya. Contohnya, kisah si pembungkus belanjaan di supermarket yang menderita down-syndrome. Kisahnya sungguh sangat menarik serta mengagumkan. Juga adanya kisah Lance Armstrong yang memiliki semangat besar. Yang tak kalah serunya yaitu dengan membaca buku ini, kita bisa belajar mengendalikan emosi dari Hulk.

Selain itu, dalam buku kecil ini penulis juga menjelaskan mengenai pentingnya EQ dalam karier seseorang. Mengapa penting? Sebab, yang berpengaruh dalam karier seseorang bukanlah IQ, melainkan EQ. Penulis mengatakan bahwa IQ hanya membawa kita melewati gerbang perusahaan. Namun, yang membawa kita ke tingkatan posisi lebih tinggi adalah EQ. Tak hanya itu, penulis juga menjelaskan mengenai 2 landasan EQ, yaitu Komunikasi Intrapersonal dan Komunikasi Interpersonal.

Pembahasan lainnya terkait dengan EQ adalah empat dimensi kompetensi EQ yang menjadi faktor penting dalam kesuksesan seseorang di dunia kerja, beberapa cara untuk semakin mempunyai EQ, dan lain-lain. Di samping itu, dalam buku yang cukup mungil ini penulis juga menjelaskan mengenai tiga hukum memberi, enam tip konsentrasi, mengelola keuangan dari Marshmallow Test, cara melatih kebiasaan berpikir yang lebih jernih sebelum bertindak, tips penting tentang killer statement, filosofi bambu yang mengajarkan kita untuk setia menanam & merawat, dan masih banyak pembahasan lainnya yang tak kalah menarik.

Selain kecil, kelebihan dari buku ini adalah adanya contoh nyata berupa kisah-kisah yang menginspirasi dari orang yang telah sukses sebelumnya, cover yang cukup menarik, layout isi yang tidak membosankan dan semakin enak dibaca karena adanya beberapa kalimat pada masing-masing artikel yang ditulis dengan warna berbeda, ada pula kalimat yang di bold. Lalu, adanya beberapa gambar ilustrasi, bahasa penulis yang mudah dipahami serta dengan ukurannya yang seperti komik, memudahkan kita untuk membawanya ke manapun.

Kekurangan dari buku ini yaitu banyaknya typo yang terdapat pada (hampir) sebagian besar artikel dan penjelasan yang sedikit kurang mendalam. Seperti tak adanya penjelasan lengkap dari empat dimensi kompetensi EQ yang penulis sebutkan. Dapat dimaklumi mungkin karena buku ini merupakan buku kumpulan artikel sehingga space-nya tak mencukupi. Namun, semua kekurangan tersebut terselimuti oleh kelebihan yang ada.

Buku ini sangat baik dibaca oleh semua orang yang ingin meningkatkan EQ-nya. Terlebih dalam dunia kerja. Banyak sekali penjelasan juga contoh berkaitan dengan EQ yang dapat menambah pengetahuan kita dalam hal EQ. Sebab, seperti yang telah kusebutkan di atas, yang berpengaruh dalam karier seseorang adalah EQ, bukan IQ.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s