Pionir Jaya, Review 2012, Review Buku

[Review] The Choice is Yours (Pilihan Ada di Tangan Anda)


20121206-230118.jpg

Judul Buku: The Choice is Yours / Pilihan Ada di Tangan Anda
Penulis: John C. Maxwell
Penerbit: Pionir Jaya
Harga: Rp 35,700.00 (Gramediaonline.com)
Tebal: 144 halaman
Dimensi Buku (L x P): 13.5 x 19.5 cm
No ISBN: 9789793681030
Peresensi: Launa Rissadia

SINOPSIS

Satu-satunya kebebasan sejati yang tiap orang miliki dalam hidup adalah kebebasan untuk memilih. Dari banyak pilihan, salah satu yang terpenting adalah memilih akan menjadi apakah kita. Buku yang akan memperlengkapi hidup Anda ada di tangan Anda. Membaca buku ini adalah pilihan Anda.

REVIEW

Dalam hidup semua berkaitan dengan sebuah pilihan. Jalan hidup kau ditentukan oleh pilihan-pilihan yang telah dan atau akan kau ambil. Hal-hal kecil seperti makan dan minum pun merupakan salah satu contohnya. Yang kau makan dan minum hari ini kadang-kadang tak sama dengan esok hari. Hal tersebut disebabkan banyaknya pilihan yang beraneka ragam dan bisa berubah-ubah setiap detik, setiap saat.

Dalam buku ini, John Maxwell menjelaskan mengenai 16 bidang yang merupakan sebuah pilihan. Di mana keenam belas bidang tersebut merupakan bidang utama yang dapat membantu kau menjadi pribadi yang kau harapkan. Keenam belas bidang tersebut yaitu Sikap, Karakter, Nilai-Nilai, Disiplin Diri, Komitmen, Kemauan Belajar, Inisiatif, Gairah Hidup, Keberanian, Tanggung Jawab, Bertumbuh, Persahabatan, Komunikasi, Dorongan Semangat, Jiwa Melayani, dan Mengasihi.

Penulis menjelaskan keenam belas bidang tersebut dengan sangat baik juga tidak bertele-tele, namun langsung pada intinya sehingga mudah dipahami. Beberapa hal yang saya suka dari buku ini dua diantaranya adalah dalam setiap enam belas bidang tersebut terdapat quotes dari orang-orang sukses yang berkaitan dengan apa yang sedang dibahas, yang dapat menginspirasi kita sebagai pembaca. Selain itu, adanya sebagian kisah orang-orang sukses pada beberapa bagian dalam enam belas bidang tersebut, bisa kau jadikan contoh dalam menjalani hidup.

Kekurangan dari buku ini adalah bahasanya yang agak sulit dimengerti. Sebab bahasa yang digunakan sangat baku; mungkin karena buku ini merupakan buku terjemahan. Di sisi lain, pembahasan mengenai keenam bidang tersebut kurang banyak. Juga quotes di setiap penjelasan dari keenam belas bidang tersebut menurutku terlalu banyak, sehingga isinya menjadi kurang lengkap.

Beruntungnya kekurangan tersebut dapat terselimuti oleh cover yang menarik, kualitas cetakan dan sistematika yang sangat bagus. Cover-nya merupakan hardcover sehingga tidak akan mudah rusak. Bahan kertas dan layout bukunya juga bagus, tak akan membuat kau bosan.

Aku sangat menyarankan agar buku ini dibaca oleh semua orang, khususnya para anak muda. Sebab buku ini dapat memberikan pencerahan, membimbing menjadi pribadi yang diharapkan, dan membuat kau benar-benar menyadari bahwa hidup adalah soal pilihan. Pilihan mengenai ingin menjadi apakah kau nanti, apa yang akan/ingin kau lakukan hari ini, dengan siapa saja kau akan bergaul dan lain-lain. Dalam hal-hal kecil pun kau pasti dihadapkan pada suatu pilihan yang harus kau ambil saat itu juga. Pastikan semua keputusan yang telah kau putuskan tersebut merupakan pilihan terbaik kau.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s